top of page
  • Writer's pictureRIAD NUR HIKMAH

Perhatikan! Ini 6 Makanan yang Dapat Memperburuk Kondisi Kesehatan Usus


Ilustrasi kesehatan usus. Sumber: Freepik


Masalah pada kesehatan usus; seperti kembung, sembelit, dan diare adalah gejala yang bisa timbul pada siapa saja. Namun, tahukah kamu bahwa gejala yang sangat menganggu tersebut ternyata bisa menjadi lebih parah?


Mengutip Eat This, banyak hal yang dapat memengaruhi kesehatan usus, tetapi faktor yang tidak bisa dilupakan adalah makanan. Makanan yang kamu konsumsi dari pagi hingga tidur, bisa menjadi salah satu alasan kesehatan usus kamu terganggu bahkan menjadi lebih parah.


Oleh karena itu, inilah enam makanan yang sebaiknya kamu hindari ketika sakit perut, agar tidak memperburuk kondisi kesehatan usus. Penasaran makanan apa saja? Yuk, simak informasinya di bawah:


1. Kentang goreng


Keripik kentang goreng merupakan camilan yang mungkin banyak disukai oleh orang-orang. Akan tetapi, camilan yang rasanya asin, renyah, dan lezat ini ternyata dinilai dapat memperburuk kesehatan usus kamu, lho.


Hal ini dikarenakan, makanan yang mengandung banyak karbohidrat sederhana; seperti keripik, roti putih, dan kue kering cenderung bergerak melalui saluran pencernaan dengan cepat, yang menyebabkan kembung dan gas. Selain itu, keripik yang digoreng akan mengandung tinggi lemak yang bisa menyebabkan mulas dan masalah umum lainnya pada saluran pencernaan.


2. Permen karet bebas gula


Permen karet bebas gula, ternyata dibuat dengan senyawa alkohol gula untuk memberikan rasa manis tanpa mengandung kalori sebanyak gula pada umumnya. Namun, alkohol gula ini tidak dapat sepenuhnya dicerna oleh tubuh dan bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan. Sebut saja diare, kembung, dan gas adalah gejala umum yang mungkin dialami.


3. Permen


Sama halnya dengan permen karet bebas gula, permen biasa dengan gula tambahan yang juga biasa ditemui pada sereal dan makanan lain, dinilai bisa memberikan masalah lebih banyak pada kesehatan usus.


Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients tahun 2020, menunjukkan bahwa gula tambahan dapat meningkatkan sifat pro-inflamasi dalam usus, yang menyebabkan ketidakseimbangan bakteri usus dalam membantu dan disregulasi metabolik.


4. Kubis


Ya, sayuran juga bisa menjadi penyebab dan memperparah kondisi kesehatan usus, terutama sayuran kubis. Kubis adalah bagian dari kategori sayuran silangan, kelompok yang berisi sayuran umum lainnya; seperti brokoli dan kubis brusse. Namun, kelompok sayuran ini mengandung gula yang disebut raffinose, yang dinilai bisa menyebabkan gas.


5. Kacang


Kacang-kacangan juga termasuk kategori makanan lain yang mengandung raffinose, seperti kubis. Tentu, kandungan tersebut diketahui dapat menyebabkan gas dan memperburuk kondisi kesehatan usus. Meskipun, kacang-kacangan juga mengandung protein, serta, dan mikronutrien; tetapi menghindarinya ketika sedang sakit perut adalah pilihan yang bijak.

Dalam kacang-kacangan, selain raffinose juga mengandung serat yang begitu tinggi. Memang, serta begitu penting bagi tubuh, tetapi konsumsi berlebihan pada kandungan ini juga bisa memperburuk masalah pada usus kamu.


6. Saus pedas


Sudah menjadi rahasia umum bahwa jika mengalami masalah pada perut atau usus, maka jauhi segala sesuatu yang pedas. Tentu, termasuk saus pedas yang meskipun dapat memberikan rasa lebih nikmat pada makanan. Akan tetapi, senyawa capsaicin pada saus pedas, bisa memberikan masalah lebih bagi kesehatan usus kamu.


Capsaicin yang memberikan sensasi pedas pada rasa dari sebuah cabai, dinilai juga bertanggung jawab pada efek samping; seperti refluks asam dan kram peut. Oleh karena itu, menjauhi makanan pedas adalah pilihan yang perlu kamu pertimbangkan bila sedang mengalami masalah pada kesehatan usus.


Nah, itulah enam makanan yang dapat memperburuk kondisi kesehatan usus kamu. Beberapa makanan yang perlu dihindari tersebut mungkin sudah kamu ketahui. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil optimal dan agar kondisi kesehatan usus kamu lebih terjaga, maka disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terkait terlebih dahulu, ya.

17 views

Commentaires


bottom of page