top of page
  • Writer's pictureRIAD NUR HIKMAH

Pangsit hingga Kue Beras Ketan, Ini 5 Makanan khas Imlek dan Makna di Baliknya


Ilustrasi perayaan hari raya Imlek. Sumber: Freepik


Tak hanya dinantikan oleh para pemeluk agama Konghucu, tetapi Imlek juga menjadi hari yang ditunggu oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Setiap perayaan imlek selalu identik dengan berbagai ornamen merah dan kuning, angpao, pertunjukan barongsai hingga makanan yang khas.


Ya, perayaan hari Imlek akan jatuh pada Minggu (22/1) mendatang. Kendati demikian, segala persiapan dan euforianya pun sudah mulai terasa di berbagai tempat. Namun, bagi para pencinta kuliner, tentu berbagai makanan khas Imlek adalah hal yang paling ditunggu.


Oleh karena itu, mengutip China Highlights, inilah lima makanan khas Imlek dan makna di baliknya. Penasaran makanan dan makna apa saja yang terkandung di dalamnya? Yuk, simak informasinya di bawah:


1. Kue beras ketan – penghasilan atau posisi yang lebih tinggi


Ilustrasi kue beras ketan atau niangao. Sumber: Instagram/kebunroti


Kue beras ketan atau kerap disebut juga niangao adalah makanan khas yang muncul ketika perayaan hari raya Imlek. Bahan utama pembuatan niagao adalah ketan, gula, chestnut, kurma China, dan daun teratai.


Makanan yang umumnya berbentuk bulat dan berwarna cokelat ini ternyata memiliki makna bagi orang Tionghoa. Menurut kepercayaan mereka, kue beras ketan memiliki makna “semakin tinggi atau semakin makmur dalam berbisnis”.


2. Pangsit China – kekayaan


Ilustrasi dumpling atau pangsit China. Sumber: Freepik


Dumpling atau pangsit China adalah makanan khas yang sangat populer ketika perayaan hari raya Imlek, terutama di China Utara. Menurut kepercayaan, orang yang makan banyak dumpling ketika hari raya Imlek akan mendapatkan lebih banyak uang.


Adapun, makanan khas ini umumnya terbuat dari daging cincang dan sayuran yang telah dihaluskan. Kemudian, dibungkus dengan kulit adonan yang tipis dan elastis. Selain itu, isian pangsit ini pun cukup beragam; seperti daging babi, udang, ikan, ayam, dan sayuran.


3. Jeruk mandarin – kekayaan

Ilustrasi jeruk mandarin. Sumber: freepik


Tidak lengkap rasanya membicarakan perayaan hari Imlek tanpa menyinggung jeruk mandarin atau jeruk keprok. Buah berbentuk bulat ini memiliki warna emas yang juga identik dengan hari Imlek dan dinilai bisa membawa kekayaan dan keberuntungan.


4. Mi panjang umur – kebahagiaan dan umur panjang

Ilustrasi mi panjang umur. Sumber: Freepik


Mi panjang umur juga telah dikaitkan secara erat sebagai makanan khas yang muncul ketika perayaan hari Imlek. Sesuai dengan namanya, mi ini melambangkan keinginan untuk panjang umur bagi yang mengonsumsinya. Biasanya, mi ini disajikan di atas piring; baik digoreng atau direbus tanpa dipotong.


5. Bola nasi manis – kebersamaan dan kekeluargaan

Ilustrasi bola nasi manis atau tangyuan. Sumber: Freepik


Bola nasi manis atau kerap disebut juga sebagai tangyuan adalah makanan berbentuk bulat yang memiliki makna kebersamaan atau kekeluargaan. Ini karena, makanan khas Imlek ini kerap dikonsumsi bersama dengan keluarga besar pada hari spesial tersebut.


Nah, itulah lima makanan khas Imlek dan makna di dalamnya. Kira-kira dari lima makanan khas Imlek tersebut, mana yang paling kamu tunggu, ya?

9 views

Comments


bottom of page